MUSTEKRENBANG DI NTB HASILKAN RIBUAN USULAN PROGRAM

Kamis, 08 Maret 2018 - 16:15:29 WIB
Oleh: Admin Humas NTB
Dibaca 137 kali
 | Kategori: Berita NTB Bersaing

Setelah berlangsung empat hari, Musyawarah Teknis Perencanaan Pembangunan (Mustekrenbang) 2018 tingkat Regional II yang berlangsung di Hotel Lombok Raya, Mataram akhirnya ditutup, Kamis (08/03/2018). Kegiatan tersebut ditutup oleh Sekretaris Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Kemendagri, Ir. Diah Indrajati, M.Sc. Sejak dibuka Menteri PPN/Bappenas RI, Bambang Brodjonegoro bersama Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi Selasa (06/03) lalu, kegiatan tersebut sudah menghasilan berbagai usulan program yang akan dibawa dan dibahas di tingkat pusat.

Sekretaris Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Kemendagri, Ir. Diah Indrajati, M.Sc. saat menutup kegiatan tersebut menjelaskan Mustekrenbang 2018 tingkat Regional II di NTB ini telah menghasilkan ribuan usulan program yang akan dibawa dan dibahas di tingkat pusat. Di antaranya, program usulan provinsi untuk program kementerian/lembaga yang mendukung pencapaian target pembangunan nasional sebanyak 4.301. Yang sudah dibahas dan bahkan sudah disepakati sebanyak 1.145 kegiatan. Sebanyak 9.770 usulan proyek daerah yang mendukung prioritas nasional dan yang sudah dibahas serta disepakati sebanyak 4.976 usulan proyek.

Selanjutnya, program yang menjadi usulan daerah untuk rancangan awal Renja sebanyak 3.565 proyek. Untuk kegiatan kabupaten/kota yang mendukung prioritas nasional 9.894. Sedangkan yang sudah disepakati sebanyak 1.174 usulan. Kemudian, usulan provinsi dan kabupaten/kota untuk proyek kementerian/lembaga yang mendukung target pembangunan nasional sebanyak 7392 usulan dengan menyepakati 1578 usulan. Selanjutnya, kegiatan provinsi yang mendukung kegiatan kementerian/lembaga di luar prioritas nasional sebanyak 1700 dan telah disepakati 72 usulan.

Diah Indrajati berharap seluruh program usulan yang telah disepakati tersebut dapat dibahas atau bahkan disetujui di tingkat pusat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, Ir. H. Rosiady Sayuti, Ph.D. mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan acara tersebut. Menurut sekda, meskipun yang diundang hanya 600 peserta, namun yang hadir melebihi tiga ribu peserta.

 “Ini merupakan berkah bagi kami di NTB,” Ungkap Sekda yang akrab disapa Pak Ros itu. Pak Ros juga menjelaskan, Mustekrenbang telah memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi masyarakat NTB. Dari segi financial lanjutnya, uang yang beredar selama terselenggarnya kegiatan itu sekitar 15-18 miliar. “Itu, kalau rata-rata para peserta membelanjakan uangnya sekitar satu juta sampai satu juta setengah,” jelasnya. Seraya menyampaikan permohonan maaf, apabila selama terselenggaranya kegiatan tersebut terdapat hal-hal yang kuran berkenan.