SEKDA NTB PANTAU PELAKSANAAN UNBK TINGKAT SMA DI KOTA BIMA

Selasa, 10 April 2018 - 15:54:46 WIB
Oleh: Admin Humas NTB
Dibaca 97 kali
 | Kategori: Berita NTB Bersaing

Untuk memastikan proses pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 di Kota Bima berjalan dengan baik dan lancar, Sekretaris Daerah Provinsi NTB Ir. H. Rosiady Sayuti didampingi Kepala Unit Pelaksana Terpadu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (UPTDIKBUD) Provinsi NTB Abas, M.Pd, meninjau secara langsung pelaksanaan UNBK di beberapa SMA yang ada di Kota Bima. Selasa, (10/4/2018).

Sejumlah Sekolah Menengah Atas yang dikunjungi antara lain, SMA 1, SMA 2, SMA 3 dan SMA 4 Kota Bima. Dari kunjungan tersebut Sekda menyimpulkan bahwa pelaksanaan Ujian Berbasis Komputer di Kota Bima berjalan dengan lacar, tertib dan aman.
“Ini menandakan bahwa koordinasi dengan pihak terkait telah berjalan dengan baik, sehingga gangguan sekecil apapun yang diprediksi akan terjadi dapat dicegah dan segera tertangani. Kuncinya adalah koordinasi yang baik dengan pihak-pihak terkait”, ujarnya.

Dari Proses UNBK yang berjalan dengan Baik tersebut, Pak Ros sapaan akrab Sekda ini menyakini terjadinya segala macam bentuk tindakan yang kurang baik dalam proses UNBK, seperti kebocoran soal tidak akan terjadi lagi di masa-masa yang akan datang.
Selain terjaminnya kredibilitas hasil UNBK, pak ros juga mejelaskan bahwa proses UNBK jauh lebih efisien bila dibandingkan dengan ujian berbasis kertas. “Artinya banyak Anggaran Pemerintah yang bisa kita hemat dengan pelaksanaan UNBK ini”, ujarnya.

Untuk itu, pak ros meminta kepada seluruh siswa agar lebih mempersiapkan diri dengan matang dalam menghadapi UNBK, seperti belajar dengan tekun, karena tidak ada lagi celah untuk melakukan kecurangan dan kerjasama dalam proses pengerjaan soal ujian. 
" Saya menyakini bahwa hasil dari UNBK akan jauh lebih kredibel dan mencerminkan karakter siswa yang bersangkutan," ujar pak ros dengan yakin.

Selanjutnya dalam kesempatan kunjungan di empat SMA yang ada di Kota Bima tersebut, pak ros juga berkesempatan mengunjungi secara langsung Server Induk untuk Upload  hasil UNBK yang telah selesai dikerjakan oleh siswa. “Semua berjalan dengan baik dan penuh kejujuran”, pungkasnya.