Wakapolri Nilai NTB Berkembang Pesat

Selasa, 29 Mei 2018 - 08:12:27 WIB
Oleh: Admin Humas NTB
Dibaca 656 kali
 | Kategori: Berita NTB Bersaing

Wakil Kepala Kepolisan Republik Indonesia (Wakapolri), Komjen Pol. Syafrudin menilai NTB merupakan daerah yang berkembang sangat pesat. Hal itu ditegaskan Syafrudin saat menjadi pemimpin upacara peningkatan tipologi Polda NTB dari tipe B ke tipe A, di Lapangan Mapolda NTB, Senin(28/05/18). Di hadapan Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi dan Kapolda NTB, Jenderal bintang tiga itu menyampaikan bahwa perkembangan daerah yang sangat cepat tersebut merupakan salah satu penilaian dari perubahan tipologi Polda NTB itu. "Hal ini merupakan hasil buah manis atas kerja keras jajaran Polda NTB," ungkap Wakapolri.

Selain kemajuan yang pesat, beberapa faktor lain yang menjadi penilaian Mabes Polri atas perubahan itu adalah, pertambahan jumlah penduduk, kemudian pembangunan yang berjalan cepat. Ini menjadi faktor-faktor yang dapat meningkatkan terjadinya gangguan keamanan, baik  gangguan keamanan konvesional, pencurian, baik pencurian ikan pencurian kekerasan, kemudian kejahatan kekayaan negara,  tindak pidana  Korupsi,  tindak pidana  perlindungan lingkungan hidup, seperti masalah hutan,  pertambangan, penyelundupan dan lain-lain, juga peristiwa peristiwa kontijensi ,  konflik antar kampung, dan lain sebagainya.

Pertimbangan-pertimbangan ini ditambah lagi dengan usulan dan aspirasi masyarakat  yang datang ke Mabes Polri, yang menghendaki agar terjadi perubahan atau kenaikan tipe dengan tujuan agar pelayanan terhadap masyarakat di bidang keamanan, seiring dengan peningkatan gangguan-gangguan tersebut dapat menjadi lebih baik, sehingga dengan situasi yang aman dan nyaman serta tertib.

“Kita harapkan pembangunan di Provinsi NTB akan berjalan dengan lancar, Pimpinan atau Kepala Daerah Tingkat Provinsi, Kota dan Kabupaten, juga dapat melaksanakan tugasnya, berkreasi dalam rangka untuk kepentingan rakyat, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Provinsi NTB.” Ujar Wakapolri.

Itulah yang melatar belakangi, sehingga setelah dilakukan asesment oleh Menteri Pendayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB)  beserta Tim dari Mabes Polri maka disepakati Polda NTB dinaikan menjadi tipe A bersama 3 Polda lainnya yaitu Polda Kalteng, Polda Kalsel dan Polda Jambi.