SRIKANDI NTB “HIPNOTIS” TAMU UNDANGAN PADA PERINGATAN KE-91 HARI IBU

SRIKANDI NTB “HIPNOTIS” TAMU UNDANGAN PADA PERINGATAN KE-91 HARI IBU

Mataram- Para Srikandi NTB yang terdiri dari Wakil Gubernur NTB, Dr.Hj.Sitti Rohmi Djalilah, Ketua TP PKK Provinsi NTB Hj.Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah bersama sejumlah kepala OPD perempuan, mementaskan gamelan Sasak dengan lirik lagu “kadal nongak” pada acara Peringatan Hari Ibu ke-61 bertajuk “Perempuan Berdaya, NTB Gemilang, Indonesia Maju” yang berlangsung di Gedung Graha Bhakti Praja, Kantor Gubernur NTB, Kamis, (19/12/2019).

Srikandi NTB yang terlihat kompak memainkan gamelan tersebut tampil sempurna di hadapan seluruh tamu undangan. Terlihat,Wakil Gubernur, Ketua TP- PKK beserta kepala OPD perempuan tersebut nampak bercahaya memakai baju kebaya berwarna putih.

Dalam penampilan tersebut, lirik lagu yang dimainkan Srikandi NTB itu memiliki filosofi yang sangat luar biasa.

Lirik Kadal Nongaq:

Kadal Nongak leq Kesambiq
Benang kataq setaqilan
Adu dende
Mun cempake sik kembang sandat
Sak sengake jari sahabat
Tajah onyak ndek ne matiq
Jane rasaq kenjarian
Adu dende
Mun cempake sik kembang sandat
Saq sengake jari sahabat

Lagu ini menceritakan tentang seorang putri dari kerajaan Selaparang di pulau Lombok yang angkuh dan bersikap tinggi hati terhadap tahta yang ia miliki.

Lalu, diceritakan lah kakak dari sang putri yang memberikan nasihat kepada kepada putri tersebut. Namun, sang putri acuh terhadap nasihat kakaknya, dan mendapatkan kualat atau malapetaka. Setelah itu, sang ibu pun berusaha menghibur putri tersebut dengan syair lagu kadal nongak.

Ani Wafiroh, Salah seorang anggota Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) NTB mengungkapkan rasa senang dan bahagia karena bisa melihat secara langsung penampilan Srikandi NTB pada momentum Peringatan Hari Ibu ke-61 tersebut.

“Bangga sekali bisa melihat secara langsung, biasa kita lihat yang memainkan gamelan itu laki-laki, tapi ini perempuan, luar biasa” Ungkapnya.

Ani Wafiroh berharap, semoga semakin banyak Srikandi NTB yang tetap melestarikan dan mencintai budaya lokal seprti gamelan dan lagu-lagunya.

“Semoga Srikandi NTB bisa menginspirasi pemuda milenial untuk melestaraikan budaya lokal di daerah kita tercinta” tutupnya.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )